persiapan untuk cuti pertama TKI

     Assalamu alaikum,wr,wb. Apa kabar para pembaca, Lama sudah tidak memberikan artikel untuk pembaca yang budiman, kali ini saya akan memberikan sedikit info bagi para TKI  yang akan pulang ke tanah air khususnya yang cuti pertama kali, tentunya untuk cuti dari luar negeri bukan hal  yang gampang karena menyangkut antar negara hal ini berdasarkan pengalaman saya alami sendiri.

  1. pertama yang harus di perhatikan adalah tanggal bulan berlakunya pasport dan iqomah/permite , karena apabila anda mengambil cuti tiga atau enam bulan sedangkan pasport kurang dari wakltu lamanya cuti nanti apabila anda akan balik dari cuti pihak imigrasi Indonesia akan menyuruh anda untuk memperpanjang masa pasport dan itupun mengeluarkan biaya yang cukup banyak di bandingkan kita memperpanjang di negara tujuan kerja kita,
  2. buatlah surat keterangan cuti dari KJRI selain surat cuti yang di keluarkan oleh pemerintah yang bersangkutan hal ini berguna bagi anda apabila ada masalah sewaktu cuti terkait kembalinya lagi ke Negara tujuan kerja, pastikan semua sudah beres sebelum memboking ticket pesawat, usahakan membeli ticket pesawat pulang pergi selain harganya lebih murah anda tidak akan sibuk lagi mencari ticket apalagi waktu musim umrah dan liburan sekolah harga akan tambah mahal dari harga biasanya.
  3. Jangan lupa untuk mmbawa foto copy iqamah/ permite atau PK(perjanjian kontrak kerja) untuk syarat pembuatan kartu TKLN, belilah secukupnya uang rupiah sebagai  persediaan, jangan terlalu banyak membawa uang tunai  dan memakai perhiasan yang berlebihan untuk menghindari terjadinya tindak kriminal, apabila uang tunai masih banyak lebih baik anda transfer ke bank anda atau kirimkan lewat pengiriman door to door.
  4. Sehari sebelum keberangkatan barang bawaan harus tertata dengan rapi,rata-rata barang bagi pesawat antara 30-40 kg tergantung pesawat yang di tumpangi untuk hand bag/ tas troly/tas tengteng  antara 7-10 kg, untuk oleh-oleh apabila banyak sebaiknya di cargokan sebulan sebelumnya agar apabila anda sampai rumah barang sudah ada di sana.
  5. Beritahukan kepada keluarga nomer pesawat , hari tanggal dan waktu yang jelas agar keluarga tidak menunggu terlalu lama atau terlambat menjemput anda di bandara.

       Pentingnya mempunyai kartu KTKLN agar anda benar-benar terdaftar kementrian tenaga kerja dan transmigrasi Indonesia, dan Apabila anda belum mempunyai KTKLN atau masa berlakunya sudah habis, buatlah sebelum masa cuti anda habis, untuk daerah Surabaya tempatnya di jl. jagir wonokromo dengan membawa persyaratan pembuatannya sbt:

  • Membawa pasport yang asli
  • Foto copy pasport
  • Foto copy surat cuti
  • Membeli materai seharga Rp.6,000 ribu
  • Bagi TKW harus membayar uang asuransi sebesar Rp.290,000 ribu
  • Surat keterangan dari kepala desa bahwasannya salah satu pihak keluarga telah mengizinkan untuk menjadi TKI, bila tidak ada tidak masalah
  • Surat  PK (perjanjian kerja) apabila tidak ada cukup foto copy igamah/permite

Waktu pembuatan hanya satu hari jadi datanglah lebih awal apabila anda berdomisili di luar kota karena di atas jam 13  pendaftaran di tutup mulai pengambilan jam 14 sampai jam lima sore.

periksa barang bawaan anda apakah benar-benar bukan barang terlarang berlebih barang titipan tetangga atau teman dan apalagi membawa tulisan jimat bagi yang bekerja di arab saudi, berangkat  lebih awal tiga jam dari jadwal penerbangan untuk persiapan check in dan bording pass Biaya di airport untuk air protect domestic Rp.40,000 ribu untuk perjalanan international Rp.150,000 ribu, mungkin itu saja sedikit informasi dari saya semoga bermanfaat bagi anda dan semoga perjalanan cuti anda menyenangkan bisa bertemu dengan keluarga dan bisa kembali dengan selamat. Salam sukses PAHLAWAN DEVISA.

Perihal Umar
better late than never

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s