Train Haramain Arafah Musdhalifah Mina

Setelah peresmian tahun kemaren 2010 kereta api jalur ARMIN (arafah, musdalifah, mina) di tahun ini di pastikan siap membantu jamaah haji dalam masalah transportasi selama empat hari  mulai dari hari tarwiyah 8 dhulhijjah sampai dengan 10 dhulhijjah, kereta ini membawa perubahan yang sangat drastis di karenakan membludaknya mobil dan bus pada hari haji,  rute yang biasanya di tempuh 6 jam kini bisa di tempuh dalam kurang dari satu jam.

 

Proyek ini dibangun dengan biaya SR 6.5 miliar, memiliki kapasitas angkut 72.000 jamaah dalam satu jam. Sembilan stasiun telah dibangun di Arafat, Mina dan Muzdalifa. Ini adalah proyek terbesar kedua yang dilaksanakan oleh Departemen Urusan Kota dan Pedesaan setelah dana sebesar SR 4.5 miliar untuk proyek pembangunan berteknologi tinggi  yaitu Jembatan Jamrat di Mina.

ada 12 rangkaian kereta api, masing-masing dengan panjang 300 meter, Pemerintah Saudi menetapkan  menetapkan tarif kreta ini seharga SR 250 . ” Untuk urusan tarif akan ditangani oleh Deputi II Premier dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif, ketua Komite Haji Tertinggi.

Uji coba operasi dilakukan  6.000 km setiap sebelum memulai operasi rutin. kereta api memiliki 20 kereta api di tahap berikutnya, masing-masing dengan 12 gerbong dan masing-masing memegang gerbong 250 penumpang. Sekitar 20 persen dari penumpang akan duduk sementara 80 persen akan berdiri. Kereta akan memiliki kecepatan 80 sampai 120 km / jam.

China Railway Construction Corp, bagian dari konsorsium Saudi-Perancis-Cina yang memenangkan kontrak, melaksanakan proyek  yang melibatkan hampir 5.000 pekerja pelaksanaan proyek kurang lebih 22 bulan . Sistem Kereta api haramain adalah kedua di semenanjung Arab setelah Kereta Dubai Metro.

Tahap kedua proyek ini akan menghubungkan Mashair Railway dengan Masjidil Haram di Makkah dengan sebuah stasiun di Umm Al-Qura Road. Ini juga akan dihubungkan dengan Kereta Api Haramain yang menghubungkan Makkah dengan Madinah dan Jeddah.

Jadi para calon jamaah haji tahun ini insya allah akan menikmati perjalanan ibadah haji arafah musdalifah mina dengan menggunakan kereta api haramain.

Perihal Umar
better late than never

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s