masjid qiblatain

Bila kita berziarah ke kota madinah, kita akan singgah di salah satu masjid bersejarah yaitu masjid qiblatain, mengapa di namakan masjid qiblatain? karena turunnya wahyu dari alloh swt  pada saat rosululloh mengerjakan solat dhuhur  pada hari senin bulan rajab tahun ke 2 hijriyah turunlah wahyu surat al-baqoroh ayat 144.

Pada mulanya rosululloh  solat menghadap qiblat masjidil aqsa kemudian datang wahyu  untuk memalingkan wajah rosululloh ke masjidil haram untuk menjadikannya qiblat  adapun ayat yang di turunkan sebagai berikut:  Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Allahnya dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan”.(Albaqarah: 144).

Dari itulah masjid itu dinamakan masjid qiblatain yang sebelumnya di namakan masjid bani salimah yaitu karena letaknya di perkampungan bani salimah ibn sa’ad ibn ali dari suku khazraj perkampungan mereka terletak di ujung sebelah utara daerah barat dekat wadi al-aqiq, sebelah barat jabal sal’, jarak dari masjid nabawi  3,5 km, Menurut sejarah, Masjid Qiblatain ini adalah masjid pertama yang didirikan oleh Rasullulah sewaktu mampir di Quba dalam perjalanan (hijrah) beliau ke Madinah

kaum bani salimah ingin pindah ke dekat  masjid nabawi, rosululloh swt  tidak menyukainya, karena madinah tidak ada tempat kosong lagi ,lalu beliau berkata pada mereka: wahai bani salimah , apakah  engkau tidak memperhatikan jejak dan peninggalan kalian? Akhirnya merekapun tetap tinggal pada tempatnya (shahih bukahari, no .1887)

seiring berjalannya waktu maka masjid qiblatain mengalami renovasi dan perluasan pada tahun 893 H atau 1543 M oleh Sultan Sulaiman dan masa raja fahd, yaitu pada tahun 1408 H/1987, dengan biaya kurang lebih 54 juta.

Perihal Umar
better late than never

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s